Sunday, February 25BIMBELGO.COM
Shadow

jhvhj

25 soal dan jawaban tentang Pancasila untuk siswa kelas 6 SD:

  1. Apa itu Pancasila?

Jawaban: Pancasila adalah dasar filsafat negara Republik Indonesia.

  1. Berapa jumlah sila dalam Pancasila?

 Jawaban: Ada lima sila dalam Pancasila.

  1. Apa saja lima sila dalam Pancasila?

Jawaban: Lima sila dalam Pancasila adalah Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dan Keadilan Sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia.

  1. Apa makna dari sila pertama Pancasila?

 Jawaban: Sila pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa, berarti bahwa bangsa Indonesia percaya dan takwa terhadap Tuhan sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

  1. Apa makna dari sila kedua Pancasila?

Jawaban: Sila kedua, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, berarti bahwa bangsa Indonesia menghargai hak asasi manusia, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, dan berperilaku adil serta beradab.

  1. Apa makna dari sila ketiga Pancasila?

 Jawaban: Sila ketiga, Persatuan Indonesia, berarti bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang bersatu dan tidak membeda-bedakan suku, ras, dan agama.

  1. Apa makna dari sila keempat Pancasila?

Jawaban: Sila keempat, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, berarti bahwa dalam mengambil keputusan, bangsa Indonesia menggunakan musyawarah untuk mencapai mufakat.

  1. Apa makna dari sila kelima Pancasila?

Jawaban: Sila kelima, Keadilan Sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia, berarti bahwa bangsa Indonesia berusaha mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyatnya.

  1. Siapa yang mencetuskan Pancasila?

 Jawaban: Pancasila dicetuskan oleh Ir. Soekarno.

  1. Kapan Pancasila dicetuskan?

Jawaban: Pancasila dicetuskan pada tanggal 1 Juni 1945.

  1. Mengapa Pancasila disebut sebagai dasar negara?

Jawaban: Pancasila disebut sebagai dasar negara karena Pancasila merupakan landasan moral dan ideologi yang menjadi pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

  1. Apa yang dimaksud dengan Ketuhanan Yang Maha Esa?

Jawaban: Ketuhanan Yang Maha Esa berarti pengakuan dan kepercayaan terhadap adanya Tuhan yang merupakan Tuhan yang satu-satunya.

  1. Apa yang dimaksud dengan Kemanusiaan yang Adil dan Beradab?

Jawaban: Kemanusiaan yang Adil dan Beradab berarti sikap dan perilaku yang mencerminkan manusia sebagai makhluk Tuhan yang memiliki martabat, harkat, dan derajat yang sama, sehingga harus saling menghargai dan menghormati hak asasi manusia.

  1. Apa yang dimaksud dengan Persatuan Indonesia?

Jawaban: Persatuan Indonesia berarti kesatuan yang utuh dan bulat yang meliputi seluruh wilayah dan seluruh aspek kehidupan bangsa Indonesia.

  1. Apa yang dimaksud dengan Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan?

Jawaban: Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan berarti pemerintahan yang berdasarkan rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat dengan menggunakan musyawarah dalam pengambilan keputusan.

  1. Apa yang dimaksud dengan Keadilan Sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia?

Jawaban: Keadilan Sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia berarti pemerataan dalam memenuhi kebutuhan dasar manusia dan adanya kesempatan yang sama untuk memperoleh kesejahteraan sosial.

  1. Apa yang dimaksud dengan musyawarah dalam konteks Pancasila?Jawaban: Musyawarah dalam konteks Pancasila berarti proses pengambilan keputusan atau pemecahan masalah yang dilakukan bersama-sama secara bijaksana dan demokratis.
  2. Mengapa Pancasila penting bagi Indonesia?

Jawaban: Pancasila penting bagi Indonesia karena Pancasila merupakan identitas bangsa Indonesia dan menjadi dasar dalam penyelenggaraan negara.

  1. Bagaimana cara menerapkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari?

Jawaban: Menerapkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dapat dilakukan dengan cara menghargai hak asasi orang lain, menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan, berperilaku adil, dan berpartisipasi dalam kegiatan kemasyarakatan.

  1. Apa hubungan antara Pancasila dan UUD 1945?

 Jawaban: Pancasila dan UUD 1945 memiliki hubungan yang erat karena Pancasila merupakan dasar negara yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945.

  1. Apa yang dimaksud dengan nilai-nilai Pancasila?

Jawaban: Nilai-nilai Pancasila adalah nilai-nilai moral dan etika yang terkandung dalam Pancasila yang harus dijunjung tinggi dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Apa peran Pancasila dalam kehidupan masyarakat?

Jawaban: Pancasila berperan sebagai pedoman dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang mencakup aspek moral, hukum, politik, ekonomi, sosial, budaya, dan pertahanan keamanan.

  1. Apa yang dimaksud dengan sikap Pancasilais?

Jawaban: Sikap Pancasilais adalah sikap yang mencerminkan pengamalan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Bagaimana cara mempromosikan Pancasila kepada generasi muda?

Jawaban: Mempromosikan Pancasila kepada generasi muda dapat dilakukan melalui pendidikan, pelatihan, diskusi, seminar, dan kegiatan lainnya yang bertujuan untuk memahamkan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

  1. Apa yang dimaksud dengan Bhinneka Tunggal Ika dan apa hubungannya dengan Pancasila?

Jawaban: Bhinneka Tunggal Ika adalah moto nasional Indonesia yang berarti “Berbeda-beda tetapi tetap satu”. Moto ini mencerminkan nilai-nilai Pancasila, khususnya sila ketiga, Persatuan Indonesia.

 

bimbelgo
Author: bimbelgo