Sunday, February 25BIMBELGO.COM
Shadow

Rangkuman Materi Kelas 4, Tema 1 Sub tema 1

, Muatan Pembelajaran PPKn3.4 Mengidentifikasi berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.4.4 Menyajikan berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan. 
Indonesia terdiri atas berbagai macam suku bangsa dan budaya, namun tetap dalam satu wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 
Keragaman tersebut merupakan identitas bangsa Indonesia yang membuat bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa yang memiliki kekayaan budaya, suku, dan agama yang berbeda-beda. 
Keragaman tersebut merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa. Kita wajib mensyukurinya. Wujud syukur tersebut dapat dilakukan dalam bentuk sikap saling menghargai antarsuku dan pemeluk agama/kepercayaan yang berbeda.
Setiap orang itu berbeda. Baik dari suku bangsa, sosial dan budaya. Pengikat dari keberagaman adalah persatuan dan kesatuan. 
Dengan sikap persatuan dan kesatuan, setiap orang bisa bekerjasama dengan baik dengan orang-orang yang berbeda. 
Indonesia terdiri atas beragam suku, budaya, agama, dan sosial. Keragaman tersebut merupakan identitas bangsa Indonesia. Sebagai warga negara yang baik kita harus menjaga persatuan dan kesatuan dalam perbedaan dan keberagaman tersebut. 

Rangkuman Materi Kelas 4, Tema 1, Muatan Pembelajaran Bahasa Indonesia3.1 Mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.4.1 Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antargagasan ke dalam kerangka tulisan.
Setiap bacaan biasanya terdiri atas beberapa paragraf. Setiap paragraf memiliki gagasan pokok yang diperkuat oleh gagasan pendukung. 
Gagasan pokok adalah ide utama yang dibahas dalam suatu bacaan, bisa berupa kalimat inti atau pokok paragraf. 
Gagasan pendukung adalah uraian atau tambahan informasi untuk gagasan pokok. 
Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menentukan gagasan pokok setiap paragraf. 

  1. Bacalah paragraf dengan cermat! 
  2. Cermati kalimat pertama hingga terakhir!
  3. Apakah kalimat pertama merupakan gagasan pokok atau gagasan penjelas? 
  4. Apakah kalimat kedua yang merupakan gagasan pokok? 
  5. Teruslah membaca kalimat demi kalimat hingga gagasan pokok paragraf ditemukan. 
  6. Gagasan pokok sebagai isi atau inti paragraf dapat terletak di awal, akhir, awal dan akhir, atau di seluruh paragraf.

Cara Membuat Ringkasan

  1. Membaca Naskah Asli (• Baca naskah asli sekali atau dua kali, kalau perlu berulang kali. • Mengetahui kesan umum (inti) dari tulisan. • Mengetahui maksud dan sudut pandangan penulis naskah asli.)
  2. Mencatat Gagasan Utama (• Baca tulisan bagian demi bagian sambil mencatat gagasan pokok. • Gagasan pokok yang telah dicatat digunakan untuk menyusun ringkasan.)
  3. Gunakan Kalimat Baru (• Gunakan kesan umum (inti) untuk membuat ringkasan. • Urutan isi disesuaikan dengan naskah asli. • Kalimat dalam ringkasan sebaiknya menggunakan kalimat baru. • Semua kalimat baru harus menggambarkan tulisan asli.)
  4. Ketentuan Tambahan (• Susun ringkasan dalam kalimat tunggal. • Ringkas kalimat menjadi frasa, frasa menjadi kata.
bimbelgo
Author: bimbelgo